EDUCATION SERVICE MARKETING STRATEGY IN INCREASING THE NUMBER OF STUDENTS IN THE VOCATIONAL SCHOOL OF EDUCATION VOCATIONAL SCHOOL OF BP (PESANTREN BASED) SUBULUL HUDA KEBONSARI, MADIUN

Mella, Mardayanti EDUCATION SERVICE MARKETING STRATEGY IN INCREASING THE NUMBER OF STUDENTS IN THE VOCATIONAL SCHOOL OF EDUCATION VOCATIONAL SCHOOL OF BP (PESANTREN BASED) SUBULUL HUDA KEBONSARI, MADIUN. EDUCATION SERVICE MARKETING STRATEGY IN INCREASING THE NUMBER OF STUDENTS IN THE VOCATIONAL SCHOOL OF EDUCATION VOCATIONAL SCHOOL OF BP (PESANTREN BASED) SUBULUL HUDA KEBONSARI, MADIUN.

[img] Text
2. artikel subulul huda-engg.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah murid di SMK BP (Berbasis Pesantren) Subulul Huda Kebonsari Kota Madiundan adanya persaingan antar lembaga pendidikan. Sehingga penelitian ini dilakukan bertujuan untuk (1) Mengetahui strategy pemasaran jasa pendidikan di SMK BP (Berbasis Pesantren) Subulul Huda Kebonsari Kota Madiun (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam strategy pemasaran jasa pendidikan di SMK BP (Berbasis Pesantren) Subulul Huda Kebonsari Kota Madiun (3) Mengetahui implementasi strategy pemasaran jasa pendidikan di SMK BP (Berbasis Pesantren) Subulul Huda Kebonsari Kota Madiun (4) Mengetahui sejauh mana keberhasilan yang dicapai. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK BP (BerbasisPesantren) Subulul Huda Kebonsari Kota Madiun. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah. Informan dari penelitian ini adalah Kepala TU, Bagian Humas, Bagian Kesiswaan, dan Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksa keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategy pemasaran jasa pendidikan yang dilakukan SMK BP (BerbasisPesantren) Subulul Huda Kebonsari Kota Madiun adalah:(a)Pemasaran secara langsung, yaitu dengan pemanfaatan IT, media cetak maupun elektonik. (b)Pemasaran tidak langsung yaitu dengan mengadakan sosialisasi ke SMP/MTS dan kepada masyarakat. (2)Faktor pendukung antara lain; guru yang mengajar sesuai bidang, letaknya yang geografis, harga murah, kepercayaan yang tinggi dari masyarakat. Sedangkan faktor penghambat meliputi banyaknya pesaing antar lembaga dan masih adanya siswa yang terpaksa sekolah karena orangtua (3) Hasil yang dicapai mampu bersaing dari segi produk, proses, SDM dan mempunyai ciri khas SMK Berbasis Pesantren baik bidang ekstrarekuler dan intrarekuler.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Admin Repository UIBS
Date Deposited: 25 May 2022 03:48
Last Modified: 25 May 2022 03:49
URI: https://repository.uniba.ac.id/id/eprint/205

Actions (login required)

View Item View Item