Analisis Kepuasan Pelanggan Layanan ShopeefoodDengan Menggunakan Metode E-ServiceQuality

Purwati, Sri and Mayasari, Sri and Oktyajati, Nancy (2022) Analisis Kepuasan Pelanggan Layanan ShopeefoodDengan Menggunakan Metode E-ServiceQuality. JumintenJurnal Manajemen Industri dan Teknologi, 3 (3). pp. 1-12. ISSN 2721-4079

[img] Text
311

Download (3kB)

Abstract

ShopeeFoodadalah lini bisnis baru dari aplikasi Shopee yang bergerak dibidangonline food delivery. Saat ini ShopeeFood menjadi salah satu penyedia layanan online food delivery yang paling direkomendasikan oleh konsumen bersaing dengan aplikasi pendahulunya yaitu Gofood dan Grab-Food. Berdasarkan review pengguna fitur ShopeeFood, masih banyak ulasan yang memberikan penilaian kurang memuaskan. Banyak review negatif dari pelanggan ShopeeFood menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan masih kurang terhadap kinerja perusahaan tersebut. Penelitian ini ber-tujuan untuk mengetahui tingkat kepuasanpelanggan terhadap layanan ShopeeFood serta untuk mengetahui item indikator yang perlu diperbaiki agar dapat memenuhi kepuasan pelanggan. Ber-dasarkan hasil penelitian menggunakan tujuh dimensi dalam e-service quality,didapatkan nilai rata-rata kesenjangan antara tingkat harapan dengan tingkat persepsi yang diterima pelanggan terhadap kinerja ShopeeFood sebesar -0,26237 dan rata-rata tingkat kesesuaian 93%. Hal ini be-rarti masih terdapat 7% dari dimensi e-service quality yang belum memenuhi harapan dari pelang-gan. Sedangkan, berdasarkan diagram kartesius terdapat dua item indikator yang perlu ditingkat-kan agar kepuasan pelanggan terpenuhi.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Admin Repository UIBS
Date Deposited: 05 Jun 2024 04:00
Last Modified: 05 Jun 2024 04:00
URI: http://repository.uniba.ac.id/id/eprint/1137

Actions (login required)

View Item View Item