MENGUKUR TINGKAT RESIKO CIDERA GURU BIMBINGAN KONSELING MENGGUNAKAN METODE NORDIC BODY MAP (NBM) DI SMK BATIK 1 SURAKARTA

Rhomadhon, Rachmawan Dwi and Oktyajati, Nancy and Mayasari, Sri (2021) MENGUKUR TINGKAT RESIKO CIDERA GURU BIMBINGAN KONSELING MENGGUNAKAN METODE NORDIC BODY MAP (NBM) DI SMK BATIK 1 SURAKARTA. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Paper “Inovasi Dan Implementasi Teknologi Tepat Guna Pada Era New Normal” Dalam Rangka Dies Natalis XXXVIII Universitas Islam Batik Surakarta “Inovasi dan beradaptasi kebiasaan baru dengan dengan Teknologi Tepat Gun, 1 (2). pp. 238-251. ISSN 978-979-1230-71-1

[img] Text
36-11-PB.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pada study penelitian ini adalah tentang mengukur tingkat resiko cidera guru bimbingan konseling menggunakan metode NBM (Nordic Body Map) di smk batik 1 surakarta. Yang mengalami keluhan pada tulang belakang atau punggung pada saat mengerjakan suatu aktivitas pekerjaan yang dikarenakan tempat duduknya yang kurang ergonomi yang sering kali mengalami nyeri otot pada bagianitubuh dibagianipunggung,ilengan,ikaki,ipergelangan tangan,idan leher. Guru bimbingan konseling merupakan suatu pekerjaan yang berada pada bagian sekolah yang beraktivitas meningkatkan kedisiplinan siswa terhadap pembelajaran.iTujuanidariipenelitianiiniiyaitu menunjukan hasil bahwaikeluhan sakit ada 7 segmen sepertiileher bagian atas,ibahu kiri,ibahu kanan,ilengan atas kiri,ipunggung,ilengan atas kanan,danipantat. Sehingga jikaiaktivitasitersebutidilakukanisecaraiberulang-ulang yang mengakibatkan posturikerja kurang nyaman,daniterkadang kurang fokus saat melakukan aktivitas hal tersebut penunjang seperti keluhan sementara dan keluhan menetap.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Admin Repository UIBS
Date Deposited: 04 Jun 2024 09:53
Last Modified: 04 Jun 2024 09:53
URI: http://repository.uniba.ac.id/id/eprint/1112

Actions (login required)

View Item View Item