PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK, CITRA MEREK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN PLATFORM PEMBELIAN BUAH DAN SAYUR ONLINE

Diane Novi, Utami and Lucyana, Trimo and M. Gunardi, Judawinata and Eti, Suminartika PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK, CITRA MEREK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN PLATFORM PEMBELIAN BUAH DAN SAYUR ONLINE. PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK, CITRA MEREK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMILIHAN PLATFORM PEMBELIAN BUAH DAN SAYUR ONLINE, 11 (1). pp. 64-74.

[img] Text
4. Diane.pdf - Published Version

Download (329kB)

Abstract

Penggunaan internet tak hanya sebagai media informasi dan komunikasi, saat ini internet juga bermanfaat dalam transaksi bisnis online. Sektor pertanian merupakan sektor yang potensial untuk berkembang seiring dengan tingginya pertumbuhan e-commerce di Indonesia. Hingga saat ini, platform penjualan yang khusus menjual buah dan sayur secara online terus-menerus bermunculan. Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya peningkatan pembelian buah dan sayur secara online adalah pandemi Covid-19. Meski mengalami pertumbuhan yang terus-menerus, ternyata masih ada sebagian konsumen yang enggan melakukan pembelian secara online dengan salah satu alasannya yaitu khawatir akan ketidaksesuaian produk jika berbelanja melalui platform online. Riset ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi konsumen terhadap kepercayaanimerek, citra merek, dan promosi dalam pemilihan platform pembelian buah dan sayur online selama pandemi covid-19 di wilayah Jabodetabek. Riset ini menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan data dalam riset ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis SEM-PLS. Kesimpulan dalam riset ini menunjukkan bahwa persepsi konsumen mengenai kepercayaan merek, citra merek dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pemilihan platform pembelian buah dan sayur online di Jabodetabek saat pandemi covid-19. Rasa aman yang diberikan platform, kualitas produk yang ditawarkan dan juga banyaknya penawaran menarik yang tersedia merupakan hal yang paling dominan dipertimbangkan responden dalam memilih platform pembelian buah dan sayur online.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Admin Repository UIBS
Date Deposited: 07 Mar 2024 02:18
Last Modified: 07 Mar 2024 02:18
URI: http://repository.uniba.ac.id/id/eprint/1080

Actions (login required)

View Item View Item