BUSINESS DEVELOPMENT STRATEGY OF “HEALTHFULL” BRAND PRODUCTS USING SWOT-AHP ANALYSES

Belia Berliani, Putri BUSINESS DEVELOPMENT STRATEGY OF “HEALTHFULL” BRAND PRODUCTS USING SWOT-AHP ANALYSES. BUSINESS DEVELOPMENT STRATEGY OF “HEALTHFULL” BRAND PRODUCTS USING SWOT-AHP ANALYSES.

[img] Text
business development.pdf

Download (689kB)

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir, kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat semakin meningkat, hal ini terlihat dari meningkatnya konsumsi buah dan sayur. Salah satu kegiatan usaha di PT. Hidroponik Padjadjaran Indonesia yaitu memproduksi dan menjual cold-pressed juice dan salad dengan merek "Healthfull". Produk merek ini menghadapi masalah terkait jumlah penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan alternatif strategi dan memilih prioritas strategis pengembangan bisnis produk merek Healthfull. Menggunakan teknik penelitian kualitatif dan kuantitatif, termasuk analisis IFE-EFE-IE, SWOT, dan AHP. Hasil analisis matriks IE menunjukkan bahwa perusahaan berada pada kuadran V. Lalu, terdapat 8 alternatif strategi yang dirumuskan dalam matriks SWOT yang kemudian dianalisis menggunakan AHP untuk memperoleh prioritas strategis. Hasil analisis AHP menunjukkan kriteria strategis pengembangan usaha ini adalah peningkatan volume penjualan (0,73) dan prioritas strategis “peningkatan konten edukasi mengenai konsumsi makanan sehat melalui pemasaran digital di media sosial seperti Instagram dan Facebook” (0,163). Strategi seperti meningkatkan umur simpan, target konsumen yang spesifik, menitipkan produk pada mitra secara konsisten dan memberikan potongan harga merupakan hasil temuan pada penelitian ini.

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Admin Repository UIBS
Date Deposited: 02 Nov 2024 05:43
Last Modified: 02 Nov 2024 05:43
URI: http://repository.uniba.ac.id/id/eprint/1209

Actions (login required)

View Item View Item