KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DARI SALES PROMOTION, BRAND AMBASSADOR, ONLINE CUSTOMER REVIEW, DAN ONLINE CUSTOMER RATING PADA APLIKASI TOKOPEDIA DI SURAKARTA

Sarah, Dewi KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DARI SALES PROMOTION, BRAND AMBASSADOR, ONLINE CUSTOMER REVIEW, DAN ONLINE CUSTOMER RATING PADA APLIKASI TOKOPEDIA DI SURAKARTA. KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DARI SALES PROMOTION, BRAND AMBASSADOR, ONLINE CUSTOMER REVIEW, DAN ONLINE CUSTOMER RATING PADA APLIKASI TOKOPEDIA DI SURAKARTA.

[img] Text
Artikel - rev.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel independen seperti Sales Promotion (X1), Brand Ambassador (X2), Online Customer Review (X3) dan Online Customer Rating (X4) terhadap variabel dependen yaitu Keputusan Pembelian (Y) dengan objek penelitian yaitu Tokopedia pada masyarakat di kota Surakarta pada tahun 2023. Penelitian kuantitatif ini menggunakan data primer dan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Surakarta yang pernah menggunakan platform jual beli Tokopedia dan sampel penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah 100 sampel. Data dari hasil kuesioner diolah dengan menggunakan alat analisis statistik yaitu SPPS dengan Regresi Liner Berganda untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Sebelum melakukan analisis data menggunakan regresi linier berganda, Instrumen diuji menggunakan uji validitas dan Realibilitas serta uji asumsi klasik seperti uji Normalitas, Multikolinearitas, Uji Heterokedastisitas dan Autokorelasi.Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial Sales Promotion dan Online Customer Rating berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Tokopedia. Sementara Brand Ambasador dan Online Customer Review tidak berpengaruh signifikan. Dari hasil analisa data membuktikan bahwa Sales Promotion merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian pada Tokopedia di Surakarta

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Admin Repository UIBS
Date Deposited: 12 Apr 2023 07:28
Last Modified: 12 Apr 2023 07:28
URI: https://repository.uniba.ac.id/id/eprint/801

Actions (login required)

View Item View Item