STRATEGI DIGITAL MARKETING BIRO HAJI UMROH DALAM MEREKRUT JAMAAH SEBELUM DAN DISAAT PANDEMI (Studi Kasus Pada PT. Amanu Izzah Zamzam Sakinah Surakarta)

LATIFAH, UMI (2022) STRATEGI DIGITAL MARKETING BIRO HAJI UMROH DALAM MEREKRUT JAMAAH SEBELUM DAN DISAAT PANDEMI (Studi Kasus Pada PT. Amanu Izzah Zamzam Sakinah Surakarta). STRATEGI DIGITAL MARKETING BIRO HAJI UMROH DALAM MEREKRUT JAMAAH SEBELUM DAN DISAAT PANDEMI (Studi Kasus Pada PT. Amanu Izzah Zamzam Sakinah Surakarta).

[img] Text
SKRIPSII FAFAA 2 (Edit).docx

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi digital marketing biro haji umroh dalam merekrut jamaah sebelum dan disaat pandemi di PT. Amanau Izzah Zamzam Sakinah Surakarta. Menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan strategi digital marketing yang digunakan sebelum dan sesudah pandemi, serta untuk mengetahui perbedaan strateginya. Lokasi penelitian dilaksanakan di PT. Amanau Izzah Zamzam Sakinah Surakarta pada bulan November 2021. Sumber data dikumpulkan dari data primer seperti wawancara, observasi, dokumentasi, dan selain data primer menggunakan data sekunder. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini bahwa strategi digital marketing yang digunakan sebelum pandemi berupa website, facebook, Instagram, pinterest dan whatsapp. Namun disaat sebelum pandemi PT. Amanu Izzah Zamzam Sakinah lebih memaksimalkan menggunakan strategi pemasaran secara offline, dan belum maksimal dalam menggunakam digital marketing. Dapat dibuktikan bahwa perolehan sebelum pandemi dari tahun 2014 – 2020 terus mengalami kenaikan hingga 1.000 pendaftar, meskipun beberapa jamaah mendaftar melalui informasi dari online. Kedua, Strategi digital marketing yang digunakan PT. Amanu Izzah Zamzam Sakinah disaat pandemi menggunakan media sosial website, facebook, dan whatsapp. Selain mengoptimalkan digital marketing disaat pandemi, mulai mencoba strategi offline dengan memanfaatkan komunitas jamaah. Perbedaan fokus ketiga sosial media tersebut karena dilihat perkembangan digital marketing sebelum pandemi banyak jamaah mendaftar melalui website, facebook, dan whatsapp. Dibuktikan dengan perolehan jamaah yang mendaftaar disaat pandemi mencapai 159 untuk jamaah umroh, dan 12 jamaah haji khusus mendaftar melalui informasi online dan offline.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Admin Repository UIBS
Date Deposited: 22 Dec 2022 02:21
Last Modified: 22 Dec 2022 02:21
URI: https://repository.uniba.ac.id/id/eprint/605

Actions (login required)

View Item View Item