ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENERIMAAN KAS PADA PENDAPATAN JASA PELAYANAN UNIT RAWAT INAP RUMAH SAKIT UNIVERSITAS SEBELAS MARET

Azis Setyo, Utomo ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENERIMAAN KAS PADA PENDAPATAN JASA PELAYANAN UNIT RAWAT INAP RUMAH SAKIT UNIVERSITAS SEBELAS MARET. ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENERIMAAN KAS PADA PENDAPATAN JASA PELAYANAN UNIT RAWAT INAP RUMAH SAKIT UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] Text
6. Artikel_Azis_Call for Paper UNIBA_2021_final.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem informasi akuntansi penerimaan kas atas pendapatan jasa rawat inap pada Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret Surakarta dan mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan pada sistem yang tersedia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data yang diolah adalah data yang di peroleh dari hasil wawancara tidak terstruktur dan observasi yang akan dianalisis secara kualitatif serta diuraikan dalam bentuk deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, sistem akuntansi penerimaan kas instalasi rawat inap pada Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret Surakarta sudah sangat bagus. Hal ini dapat dilihat dari sudah adanya prosedur-prosedur penerimaan pasien yang mulai dari pendaftaran rawat inap sampai pasien keluar. Begitupun dengan prosedur penerimaan kas yang telah sesuai dengan sistem yang ada yaitu dengan adanya pemisahan fungsi operasional dan fungsi penerimaan serta fungsi pencatatan dan pelaporan dengan dokumen pendukung. Sistem penerimaan kas instalasi rawat inap di Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret Surakarta memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya, yaitu dapat merekam billing pasien secara detail dan cepat juga dapat memberikan informasi yang cepat, sedangkan kekurangan yaitu pada bagian pendaftaran yang masih perlu meningkatkan pelayanan terhadap pasien, kekurangannya juga meliputi kesesuaian jumlah klaim pada pasien BPJS yang belum dapat dilakukan oleh sistem, penghitungan untuk naik kelas oleh pasien BPJS juga belum dapat secara otomatis dilakukan oleh sistem, tambahan biaya pada penggunaan kartu debit dan kredit masih harus dilakukan secara manual, dan sistem belum dapat memberikan peringatan terkait dengan nominal tagihan pasien rawat inap yang telah melebihi 5 juta dan belum terdapat deposit oleh pasien. Rumah Sakit masih perlu untuk meningkatkan pelayanan terhadap pasien, alur/prosedur pembayaran pasien yang kurang jelas, sehingga perlu dilakukan pembuatan Data Flow Diagram atau Flowchart agar dapat memudahkan para pengguna informasi akuntansi.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: athyah
Date Deposited: 28 Sep 2021 02:35
Last Modified: 28 Sep 2021 02:35
URI: https://repository.uniba.ac.id/id/eprint/54

Actions (login required)

View Item View Item