PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MTs NEGERI 3 SRAGEN

Sulasmi, Kasih PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MTs NEGERI 3 SRAGEN. PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MTs NEGERI 3 SRAGEN.

[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pengaruh bersama antara motivasi belajar, peran orang tua, kompetensi guru, dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar di MTs Negeri 3 Sragen (2) Mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. di MTs Negeri 3 Sragen (3) Mengetahui pengaruh peran orang tua terhadap prestasi belajar siswa di MTs Negeri 3 Sragen (4) Mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa di MTs Negeri 3 Sragen. (5) Mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa di MTs Negeri 3 Sragen. Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan, dimulai dari bulan Januari – Maret 2022 bertempat di MTs Negeri 3 Sragen. Populasi dalam penelitian ini adalah 100 siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah 20 siswa. Dalam penelitian ini, data yang digunakan peneliti adalah (1) data primer, (2) data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan studi pustaka. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS untuk menguji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji regresi linier, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinearitas), uji determinasi (R2), uji hipotesis (uji F dan uji t).Dalam penelitian ini menyatakan bahwa (1) Motivasi belajar, peran orang tua, kompetensi guru dan lingkungan sekolah secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa MTsN 3 Sragen (2) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa MTsN 3 Sragen (3) Peran orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa MTsN 3 Sragen (4) Kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa MTsN 3 Sragen (5) Lingkungan sekolah mempunyai pengaruh positif walaupun tidak signifikan terhadap prestasi belajar siswa MTsN 3 Sragen (6) Berdasarkan penelitian dan pembahasan yang dilakukan diperoleh hasil nilai Adjusted R Square (R²) sebesar 0,724 atau 72,4%. Determinasi atau sumbangan variabel motivasi belajar, peran orang tua, kompetensi guru dan lingkungan sekolah sebesar 72,4% sedangkan sisanya sebesar 27,6% dipengaruhi oleh faktor yang lainnya, diluar variabel yang diteliti.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Admin Repository UIBS
Date Deposited: 30 Aug 2022 03:51
Last Modified: 30 Aug 2022 03:51
URI: https://repository.uniba.ac.id/id/eprint/460

Actions (login required)

View Item View Item