PRESTASI KERJA DITINJAU DARI MOTIVASI, KOMITMEN, DISIPLIN DAN LINGKUNGAN KERJA PADA GURU SD DI KECAMATAN KLATEN UTARA KABUPATEN KLATEN

RETNA, WULANDARI (2024) PRESTASI KERJA DITINJAU DARI MOTIVASI, KOMITMEN, DISIPLIN DAN LINGKUNGAN KERJA PADA GURU SD DI KECAMATAN KLATEN UTARA KABUPATEN KLATEN. Masters thesis, Universitas Islam Batik Surakarta.

[img] Text
Tesis_Retna_2024.pdf

Download (1MB)

Abstract

Guru merupakan sumber daya manusia yang penting dan salah satu faktor penentu keberhasilan mutu pendidikan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki secara empiris faktor- faktor yang dapat meningkatkan prestasi kerja guru yaitu pengaruh motivasi, komitmen, disiplin dan lingkungan kerja terhadap prestasi kerja guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan survei. Penelitian ini mengumpulkan 90 guru dengan status aparatur sipil negara pada sekolah dasar Kecamatan Klaten Utara Kabupaten Klaten dan mengevaluasi data dengan perangkat lunak SPSS. Penelitian ini menemukan bahwa motivasi kerja berpengaruh tidak signifikan terhadap prestasi kerja guru pada sekolah dasar Kecamatan Klaten Utara Kabupaten Klaten yang ditunjukan dari nilai t-hitung (0,191) > t-tabel (1,988) dan nilai signifikasi 0,849. Komitmen berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja guru pada sekolah dasar Kecamatan Klaten Utara Kabupaten Klaten yang ditunjukan dari nilai t-hitung (5,541) > t-tabel (1,988) dan nilai signifikasi 0,000. Disiplin berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja guru pada sekolah dasar Kecamatan Klaten Utara Kabupaten Klaten yang ditunjukan dari nilai t-hitung (4,393) > t-tabel (1,988) dan nilai signifikasi 0,000. Lingkungan Kerja berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja guru pada sekolah dasar Kecamatan Klaten Utara Kabupaten Klaten yang ditunjukan dari nilai t-hitung (2,207) > t-tabel (1,988) dan nilai signifikasi 0,030. Hasil secara simultan menunjukkan motivasi, komitmen, disiplin dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap prestasi kerja guru pada sekolah dasar Kecamatan Klaten Utara Kabupaten Klaten yang ditunjukkan dari nilai F-hitung (164,083) dan nilai signifikansi (0,000). motivasi komitmen, disiplin dan lingkungan kerja berkontribusi 88% terhadap prestasi kerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Physics
Depositing User: Admin Repository UIBS
Date Deposited: 15 Jan 2025 04:15
Last Modified: 15 Jan 2025 04:16
URI: http://repository.uniba.ac.id/id/eprint/1238

Actions (login required)

View Item View Item