PROGRAM PENGENALAN KEWIRAUSAHAAN BAGI SISWA MI HIDAYATUL INSAN KARANGANYAR MELALUI PELATIHAN PEMASARAN PRODUK OLAHAN HASIL PETERNAKAN

Penulis

  • Sri Purwati
  • Nancy Oktyajati
  • Sri Mayasari, Suparwi, dan Bagus Andika Fitroh

Kata Kunci:

Branding, Hasil Peternakan, Kewirausahaan, Strategi Pemasaran

Abstrak

Pendidikan kewirausahaan perlu diajarkan sejak dini kepada siswa-siswi sekolah dasar agar menjadi generasi yang mandiri. Melalui pendidikan kewirausahaan, akan terbentuk jiwa inovatif dan kreatif sehingga dapat memanfaatkan peluang secara maksimal untuk membuat usaha baru. Salah satu sekolah dasar yang telah menerapkan pendidikan kewirausahaan adalah MI Hidayatul Insan Karanganyar melalui pelajaran muatan lokal kewirausahaan yang berfokus pada studi tentang pemasaran. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di MI Hidayatul Insan Karanganyar dilakukan melalui metode ceramah dan praktik secara langsung. Tujuan dari kegiatan ini yaitu memberikan pengetahuan kepada siswa-siswi MI Hidayatul Insan Karanganyar tentang pentingnya  menerapkan strategi pemasaran khususnya produk nugget ayam untuk meningkatkan daya saing dan kemajuan bisnisnya, menentukan segmentasi pasar untuk mengetahui siapa yang menjadi target pasar untuk produk nugget ayam, membangun brand untuk menciptakan identitas diri yang menjadi pembeda dengan produk pesaing, serta menentukan lokasi penjualan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-25

Cara Mengutip

Sri Purwati, Nancy Oktyajati, & Sri Mayasari, Suparwi, dan Bagus Andika Fitroh. (2022). PROGRAM PENGENALAN KEWIRAUSAHAAN BAGI SISWA MI HIDAYATUL INSAN KARANGANYAR MELALUI PELATIHAN PEMASARAN PRODUK OLAHAN HASIL PETERNAKAN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat "SIDOLUHUR&Quot;, 1(02), 138–146. Diambil dari https://journal.uniba.ac.id/index.php/jpm/article/view/331