STRATEGI IMPLEMENTASI SISTEM VIRTUAL ACCOUNT (VA) SEBAGAI MEDIA PEMBAYARAN RETRIBUSI PASAR DALAM UPAYA PENINGKATAN LAYANAN PERBANKAN DAN KEMUDAHAN TRANSAKSI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Virtual account (VA) merupakan sebuah nomor rekening Bank atau nomor khusus yang
tercipta untuk mengetahui dan mengidentifikasi transaksi pembayaran yang berbentuk nomor
bayangan/virtual. VA adalah salah satu kemajuan teknologi digital banking pada perbankan untuk
kemudahan transaksi pembayaran dalam upaya meningkatkan layanan yang dimiliki perbankan serta
untuk mengidentifikasi transaksi pada pembayaran dimana rekekning berbentuk sebuah nomor virtual
yang bermanfaat untuk kemudahan bertransaksi dan laporan transaksi. Implementasi VA pada pasar
tradisional perlu dibarengi dengan strategi yang tepat agar hasil pelaksanaan menjadi optimal.
Penerapan sistem VA ini mengalami beberapa kendala seperti sosialisasi yang belum menyeluruh dan
gagap teknologi. Rumusan masalah yang diangkat peneliti pada penelitian ini adalah bagaimana
strategi implementasi sistem VA sebagai media pembayaran/transaksi dalam meningkatkan layanan
perbankan pada pembayaran retribusi pasar. Penelitian ini menggunakan motode Mind Mapping,
fishbone diagram, dan analisis SWOT dalam merumuskan strategi implementasi VA. Rumusan strategi
implementasi VA pada pembayaran retribusi pasar yaitu: adanya jaminan keakuratan data tagihan,
penggunaan nomor kios sebagai nomor register, serta pemberian fasilitas yang mudah bagi pedagang
Rincian Artikel
Referensi
Afandi, M. N. (2013). Peluang dan Tantangan Pembangunan Daerah Otonom Baru di Indonesia
(Studi Kasus Kabupaten Pangandaran Provinsi Jawa Barat). Jurnal Ilmu Administrasi,
X(2), 275-296.
Aprinawati, I. (2018). Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) untuk Meningkatkan
Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2, 140-147,
31004/basicedu.v2i1.35.
Astuti, A. M. I., & Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi
Pemasaran. Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 58–70.
Coccia, M. (2018). The Fishbone Diagram to Identify, Systematize and Analyze the Sources of
General Purpose Technologies. Journal of Social and Administrative Sciences, 4(4), 291–303. https://doi.org/10.1453/jsas.v4i4.1518
Hamidy, F. (2016). Pendekatan Analisis Fishbone Untuk Mengukur Kinerja Proses Bisnis
Informasi E-Koperasi. Jurnal Teknoinfo, 10(1), 11. https://doi.org/10.33365/jti.v10i1.12
Kusnadi, I. H. (2020). Implikasi, Urusan Dan Prospek Otonomi Daerah. Kebijakan: Jurnal Ilmu
Administrasi, 11(1), 36–46. https://doi.org/10.23969/kebijakan.v11i1.2233
Nurhaeni, T., Tiara, K., & Fahliandhini, D. (2016). Rancangan Virtual Account Sebagai Media
Pembayaran Pada Perguruan Tinggi Raharja. ICIT Journal, 2(2), 221–237.
https://doi.org/10.33050/icit.v2i2.36
Prita, H., & Ulum, M. M. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Pembayaran SPP dengan
Virtual Account Menggunakan Framework CodeIgniter. Nasional, Seminar Elektro,
Teknik Informasi, Sistem Informatika, Teknik, 161–166.
Qanita, A. (2020). Analisis Strategi Dengan Metode Swot Dan Qspm (Quantitative Strategic
Planning Matrix): Studi Kasus Pada D’Gruz Caffe Di Kecamatan Bluto Sumenep.
Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2), 11–24.
https://doi.org/10.15575/jim.v1i2.10309
Simangunsong, F., & Puspitosari, H. (2021). Efektifitas Pengelolaan Retribusi Pasar Sebagai
Sumber Pendapatan Asli Daerah Dan Upaya Penanggulangan Penyimpangan. Risalah
Hukum, 17, 119–126. https://doi.org/10.30872/risalah.v17i2.707