Prestasi Belajar ditinjau dari Fasilitas, Motivasi, Manajemen Waktu Belajar serta Lingkungan Keluarga

Astuti, Chatarina Yuli and Hendra Ts, Kartika and ., Sarsono (2022) Prestasi Belajar ditinjau dari Fasilitas, Motivasi, Manajemen Waktu Belajar serta Lingkungan Keluarga. JDPP Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 10 (1). pp. 24-32. ISSN 2303-3800

[img] Text
4422-17743-1-PB.pdf

Download (233kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna menguji serta menganalisa Efek Fasilitas, Motivasi, Manajemen Waktu Belajar serta lingkungan keluarga kepada prestasi belajar murid SMK Negeri 1 Sragen. Metode penelitian ini memakai desain penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi yakni semua murid kelas X SMK Negeri 1 Sragen total 468 orang. Teknik sampling yang dipakai yakni teknik purposive samplingdengan total sampel 117 responden. Pengumpulan data memakai kuesioner. Penelitian ini memakai metode analisis asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji kelayakan model (uji F), uji hipotesis (uji t), serta koefisien determinasi dengan memakai SPSS versi 20. Hasil penelitian menerangkan bahwasanya (1) fasilitas belajar tidak berdampak kepada prestasi belajar murid, (2) motivasi berdampak kepada prestasi belajar murid, (3) manajemen waktu berdampak kepada prestasi belajar murid, serta (4) lingkungan keluarga berdampak kepada prestasi belajar murid. Variabel fasilitas, motivasi, manajemen waktu serta lingkungan keluarga berdampak kepada prestasi belajar murid sebanyak 55,1%disisi lain 44,9% diefeki variabel lain yang tidak diteliti, contohnya kompentensi guru, kedisiplinan, minat, gaya belajar serta lain-lain.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Admin Repository UIBS
Date Deposited: 20 Nov 2023 07:13
Last Modified: 20 Nov 2023 07:13
URI: http://repository.uniba.ac.id/id/eprint/1018

Actions (login required)

View Item View Item