KEPUASAN NASABAH DITINJAU DARI KUALITAS PELAYANAN DAN HUBUNGAN PEMASARAN DI KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) BINA INSAN MANDIRI (BIM) KARANGANYAR

Intan, Apriyani KEPUASAN NASABAH DITINJAU DARI KUALITAS PELAYANAN DAN HUBUNGAN PEMASARAN DI KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) BINA INSAN MANDIRI (BIM) KARANGANYAR. KEPUASAN NASABAH DITINJAU DARI KUALITAS PELAYANAN DAN HUBUNGAN PEMASARAN DI KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) BINA INSAN MANDIRI (BIM) KARANGANYAR.

[img] Text
Intann_ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (918kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan relationship marketing terhadap kepuasan nasabah Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Bina Insan Mandiri (BIM) Karanganyar. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan deksriptif. Penelitian ini ditujukan pada para nasabah Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Bina Insan Mandiri (BIM) Karanganyar. Waktu penelitian Mei�Agustus 2021. Sampel 100 responden dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode analisis menggunakan regresi linier berganda dengan Software SPSS versi 21. Penelitian ini menghasilkan bahwa kualitas pelayanan dan relationship marketing berpengaruh simultan dan signifikan terhadap kepuasan nasabah di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Bina Insan Mandiri (BIM) Karanganyar dengan nilai Fhitung sebesar 46,950 dan Ftabel sebesar 3,939, sedangkan hasil uji t menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Bina Insan Mandiri (BIM) Karanganyar dengan nilai thitung sebesar 4,581 dan nilai signifikan sebesar 0,000. Relationship marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Bina Insan Mandiri (BIM) Karanganyar. Dengan nilai thitung sebesar 3,883 dan nilai signifikan sebesar 0,000. Hasil Uji Koefisien Determinasi menunjukan bahwa pengaruh yang diberikan oleh variabel kualitas pelayanan dan relationship marketing sebesar 50,6% terhadap variabel kepuasan nasabah di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Bina Insan Mandiri (BIM) Karanganyar.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: athyah
Date Deposited: 10 Sep 2021 06:29
Last Modified: 10 Sep 2021 06:29
URI: https://repository.uniba.ac.id/id/eprint/19

Actions (login required)

View Item View Item